Wednesday, March 14

Apa itu kejujuran ??

Kejujuran adalah sebuah sikap dalam diri kita yang sangat sulit untuk di perjuangkan
Apa itu kejujuran ? Bagi banyak orang, kejujuran adalah mengatakan hal sesuai dengan kenyataan yang ada. Tapi sebenarnya kejujuran juga mencangkup dalam perbuatan.
Contoh perbuatan tidak jujur :
1. Mencontek
2. Mencuri uang
3. Berbohong
4. korupsi

Tidak jujur sama dengan berbohong.
Misal : Ketika anda mengikuti ulangan dan anda mencontek, anda telah membohongi diri anda sendiri karena dalam ulangan yang seharusnya dikerjakan sendiri, anda justru melihat milik orang lain. Belum lagi ketika ulangan dibagi, hasil ketidak-jujuran tadi kalian akui sebagai hasil kerja kalian sendiri. Padahal ulangan itu hasil mencontek. Anda sudah berbohong 2x.
Jika kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang beranggapan bahwa kejujuran berlaku sangat tidak adil.
keuntungan saat melakukan tidakan jujur sangat tidak sebanding dengan kerugian yang kita dapatkan saat kita berbohong dan ketahuan.
Itulah mengapa jaman sekarang ini kejujuran sangat dipentingkan
Saat kita bertindak jujur, tidak selalu kita bahagia, kadang saat jujur membawa penderitaan bagi beberapa orang. Bahkan ada yang bilang jika kita berbohong malah mendapat keuntungan lebih besar DENGAN SYARAT TIDAK KETAHUAN

Lalu di mana ketidak-adilannya?
Buah dari kejujuran adalah kepercayaan. Saat kita selalu berbuat jujur, orang akan percaya dengan kita. Tapi sering kali kepercayaan itu tidak terlalu kelihatan sangat banyak. Tapi ketika kita berbohong dan ketahuan, kepercayaan orang akan hilang dan kita tidak akan pernah dipercaya orang itu lagi.Bahkan reputasi orang bisa hilang karena ketahuan berbohong. Itulah mengapa manusia sering gugup dan takut ketika kebohongannya terbongkar. Kita tahu sendiri bahwa kepercayaan membutuhkan waktu lama untuk menumbuhkannya. Jadi ketika kita susah-susah menumbuhkan kepercayaan teman kita, misalnya 5 tahun temenan, lalu kita berbohong sedikit saja kepercayaan teman kita akan berkurang sangat banyak. Persahabatan selama 5 tahun bisa saja hancur hanya karena masalah kebohongan itu.

Kejujuran dan kebohongan sering kali menjadi pilihan yang susah untuk ditentukan. Karna banyak sekali kejujuran yang membuahkan sakit dan kebohongan hasilnya lebih menyenangkan daripada kejujuran.

Kejujuran ini harus diajarkan sebagai kebiasaan dari kecil.Orang yang dari kecil sudah berbohong, besarnya juga akan menjadi pembohong. Karena pada dasarnya bohong itu mempunyai sifat sama seperti zat adiktif yaitu ketergantungan. Sekali orang berbohong dan tidak ketahuan, ia akan mencobanya kembali lagi dan lagi.

jadi, temen2 sekalian jgn pernah remehin apa itu kejujuran..
okeeii ???? GOD BLESS!!!

No comments:

Post a Comment